Search This Blog

Bagaimana Terapi Musik Membantu Anak Autisme

Terapi Musik Membantu Anak Autisme

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa terapi musik dapat menguntungkan individu-individu dari semua kemampuan dan usia. Terapi tersebut telah digunakan untuk mendukung perkembangan kognitif, sosial dan emosional pada orang di seluruh ras, negara dan masyarakat. Hal ini juga dapat membantu mempromosikan kesehatan dengan meningkatkan memori, meningkatkan keterampilan komunikasi dan mengelola stres. Para peneliti juga menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja, yang telah menderita autis, bisa mendapatkan keuntungan banyak dengan terapi musik. Ini membantu meningkatkan perilaku sosial mereka, lebih baik upaya komunikasi mereka dalam hal gerakan, verbalisasi, kosa kata dan vokalisasi, mengurangi kecemasan mereka, meningkatkan perhatian dan fokus mereka, dan bahkan meningkatkan koordinasi tubuh dan kesadaran. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa orang dewasa dan anak-anak dengan gangguan spektrum autisme atau ASD merespon musik dengan baik. Inilah sebabnya mengapa musik dianggap menjadi alat terapi yang potensial untuk mengobati autisme.

Berikut adalah cara yang dapat membantu anak-anak dengan autisme :

Musik mendorong anak-anak untuk berinteraksi sosial. Anak-anak yang menderita autisme, menunjukkan keterlibatan yang lebih dalam bersosial dan ekspresi emosional selama sesi terapi musik, dibandingkan dengan sesi permainan tanpa musik. Mereka juga menanggapi permintaan dari terapis jika ada musik dalam sesi. Selain itu, seorang terapis yang terlatih dan berpengalaman dapat menggunakan musik untuk meningkatkan keterampilan sosial dan meningkatkan interaksi sosial anak-anak ini. Bermain berbagai jenis gerakan dan game musik, dan berbagi instrumen, belajar untuk mendengarkan, bernyanyi dan berkumpul di sekitar alat musik adalah beberapa cara yang terapis dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi tersebut.

Musik membantu meningkatkan komunikasi - Hampir tiga puluh persen dari anak-anak dengan autisme non-verbal. Sekali lagi, ada banyak anak-anak yang tidak bisa mengikuti perintah verbal atau mengerti bahasa tubuh. Studi telah membuktikan bahwa musik meningkatkan pemetaan suara untuk melakukan tindakan. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan bagian motorik dan pendengaran dari otak. Hal ini membantu meningkatkan pemahaman perintah verbal. Dengan bantuan pelatihan berulang-ulang dan dengan pasangan musik dengan tindakan, keterampilan berbicara anak-anak ini dapat ditingkatkan.

Musik membantu meningkatkan perilaku seseorang - Dengan beberapa penelitian yang dilakukan selama rentang sepuluh bulan, telah terbukti bahwa sesi terapi musik mingguan meningkatkan perilaku keseluruhan anak-anak dengan autisme. Dalam studi tertentu, anak-anak yang mengikuti satu jam sesi terapi musik, sekali dalam seminggu, dan perilaku mereka dicari dalam daftar perilaku tertentu. Hasil menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam perilaku yang dapat diamati.

Tentunya, terapi musik dapat sangat berguna dan bermanfaat bagi anak-anak dengan autisme.

oleh : Michelle Crossley