Search This Blog

Ssst, Ini Tips Agar Tak Mudah Lelah

Liputan6.com, Jakarta: Rasa lelah yang kerap melanda kalangan eksekutif muda menyebabkan malas bekerja. Akibatnya, pekerjaan yang menyenangkan pun bisa terasa sangat membosankan. Ingin mengatasinya, berikut beberapa tips untuk Anda:

1. Gaya Hidup Positif
Sering tidak disadari rasa lelah hingga jenuh berasal dari gaya hidup yang salah. Coba perhatikan jam tidur Anda, sudah cukupkah? Usahakan menyempurnakan waktu tidur paling tidak selama delapan jam setiap malam. Namun, jika Anda terpaksa harus begadang atau lembur kerja, ambilah waktu untuk memejamkan mata senejak di siang hari guna menstabilkan metabolisme tubuh.

2. Sarapan
Rutinitas kesibukan di waktu pagi, sering membuat seseorang lupa menyantap sarapan. Luangkan sejenak di rumah maupun di kantor dengan menyantap makanan kaya serat sebagai makanan pembuka hari. Penelitian dari Universitas Cardiff mengungkapkan, kebanyakan responden mengaku makanan berserat saat sarapan mampu menekan kejenuhan hingga 10 persen. Alhasil, mereka bisa terlepas dari depresi, berkarya dengan ide-ide cemerlang.

3. Sering Makan
Mungkin terdengar tak masuk akal. Namun menerapkan pola makan tiga kali makan utama dan dua kali mengemil, bisa membuat Anda tak kehabisan energi. Dan pola itu akan membuat kita makan setiap tiga atau empat jam sekali. "Tapi ingat, makanlah dengan porsi yang cukup, tidak berlebihan," ujar Kathy McManus, RD, Direktur Nutrisi dari Departemen Nutrisi Amerika Serikat

Pastikan juga, menu makanan Anda mengandung karbohidrat, protein, dan lemak tak jenuh. Kandungan itu mampu menyuplai energi lebih dan membuat perut Anda tetap rata.

5. Letakkan Tanaman di Meja Kerja
Warna hijau daun dan warna-warna cerah pada bunga yang ada di tumbuhan akan membuat mata Anda santai. Bahkan sebuah penelitian membuktikan, para pekerja yang menaruh tanaman di sekitar ruang kerjanya, lebih kreatif dibandingkan karyawan yang hanya menumpuk kertas-kertas di atas meja kerjanya.

6. Sediakan Segelas Air Putih
Sebagian besar orang merasa cepat letih akibat mengalami dehidrasi, ucap Woodson Merrell, MD., dokter dari RS New York City. Menurutnya, dengan meletakkan segelas air putih, memudahkan Anda mengonsumsi air dan terhindar dari dehidrasi. Itu terbukti ampuh seperti halnya yang dilakukan para atlet sebelum bertanding.

7. Berjalan 10 menit
Assosiasi Jantung Amerika Serikat atau AHA mengungkapkan, seseorang yang berjalan cepat selama 70 menit dalam seminggu atau 10 menit setiap hari mampu memompa energi 18 persen lebih banyak ketimbang yang enggan berjalan kaki. Luangkan waktu untuk berjalan, selain menyehatkan, aktivitas itu membuat Anda lebih percaya diri, fokus, serta terbebas dari sakit kepala atau migrain.