Search This Blog

Biografi Pelopor Keperawatan - Mary Eliza Mahoney


Pelopor Keperawatan - Mary Eliza Mahoney

Mary Eliza Mahoney (7 Mei 1845 - 4 Januari 1926) adalah orang Afrika Amerika pertama untuk belajar dan bekerja sebagai perawat profesional terlatih di Amerika Serikat, lulus pada tahun 1879.

Pada tahun 1908, ia mendirikan National Association of Colored Graduate Nurses (NACGN) dengan Adah B. Thoms. NACGN akhirnya bergabung dengan Amerika Nurses Association (ANA) pada tahun 1951. Dia diperingati oleh dua tahunan Mary Mahoney Award dari ANA untuk kontribusi yang signifikan dalam memajukan kesempatan yang sama dalam keperawatan untuk anggota kelompok minoritas.

Lahir di Dorchester, Massachusetts, Mary Eliza Mahoney bekerja di Rumah Sakit New England untuk Perempuan dan Anak (sekarang Dimock Community Health Center) selama lima belas tahun sebelum diterima ke sekolah perawat, yang merupakan pertama di Amerika.

Rumah Sakit didirikan oleh dokter perempuan di 1862. Ini dimulai program pelatihan perawat yang pada tahun 1872 dengan empat puluh dua mahasiswa, tetapi hanya empat benar-benar lulus, termasuk Linda Richards, yang lulus sebagai perawat berpendidikan formal pertama di Amerika Serikat.

Setelah mendapatkan diploma keperawatan pada tahun 1905, Mahoney bekerja selama bertahun-tahun sebagai perawat perawatan pribadi, mendapatkan reputasi dibedakan. Dari 1911-1912 ia menjabat sebagai direktur Howard Orphan Asylum untuk anak-anak kulit hitam di Kings Park, Long Island, New York.

Pada tahun 1896, Mahoney adalah salah satu anggota asli dari perawat yang didominasi kulit putih Nurses Associated Alumnae of the United States and Canada. Pada tahun 1911 itu menjadi Amerika Nurses Association (ANA). Pada tahun 1908 dia adalah salah satu pendiri dari National Association of Colored Graduate Nurses (NACGN).

Dalam pensiun, Mahoney masih peduli dengan kesetaraan perempuan dan pendukung kuat dari hak pilih perempuan (gerakan untuk mendapatkan hak untuk memilih wanita.) Pada tahun 1920, ia merupakan salah satu wanita pertama di Boston untuk mendaftar untuk memilih. Dia meninggal pada tanggal 4 Januari 1926, berusia 80.